Wednesday, November 18, 2009

Hidup Untuk Kehidupan


Didalam kehidupan ini kita semua yang membaca pastilah terlahir sebagai manusia yang memiliki akal dan pikiran. Itulah yang menjadi kelebihan manusia yang menyebabkan kita disebut sebagai makhluk yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk-makhluk yang lain. Manusia hidup dibumi dengan makhluk-makhluk yang lainnya, seperti hewan dan tumbuhan. Manusia sangat bergantung kepada alam dan alam tidak sedikitpun bergantung kepada manusia, namun dengan akal dan pikirannya manusia melakukan tindakan-tindakan yang berujung pada penaklukan alam untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Hal ini sebenarnya adalah baik jika manusia melakukannya dengan wajar dan juga memberikan juga kebaikan kepada alam itu sendiri dan bukannya hanya berserakah diri untuk mengeruk semua dari alam untuk dikonsumsi.

Maksud dari tulisan ini adalah mencoba memberikan masukkan kepada para manusia agar membuat kesementaraan ini sebagai manusia untuk kepentingan alam itu sendiri, atau dengan gamblang dikatakan hidup untuk kehidupan. Setidaknya manusia selalu mengkonsumsi segala macam makanan dan minumannya yang berasal dari alam, belum lagi segala macam keperluan sekunder yang kini dianggap sebagai kebutuhan primer oleh manusia merupakan hasil alam. Dari sini dalam keadaan bumi yang menurut para ahli sedang sekarat ini karena terjadinya pemanasan global, maka seharusnya manusia-manusia sadar bahwa bumi ini diciptakan bukanlah untuk dirusak melainkan untuk dipelihara, karena hingga saat ini manusia masih hanya bisa hidup dibumi, dan tidak di tempat lain. dibumi ini nanti kelak akan lahir manusia-manusia dari generasi yang baru, dan mereka akan hidup dalam bumi yang sama dengan bumi dimana kita hidup. Jadi janganlah apa yang ada pada bumi sekarang menjadi rusak karena perilaku serakah manusia, segala kekayaannya bukanlah untuk dihabiskan sekarang melainkan untuk dilestarikan agar dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang nanti.

Kehidupan itu sendiri merupakan anugrah, dan mengapa sebagai manusia daripada kita menjadi perusak lingkungan, kenapa tidak kita membantu
proses kehidupan seperti ikut serta memelihara tanaman dan juga mengembangbiakkan hewan, yang dengan demikian maka kita sebagai manusia ikut serta dalam melestarikan alam yang kita miliki. karena manusia sangatlah bergantung terhadap alam dan alam tidak membutuhkan manusia sama sekali. jadi ibaratnya kita ini hidup bersama-sama dengan alam jadi berikanlah juga kasih sayang kepada alam sehingga alampun akan bersikap ramah terhadap kita.

Bencana banjir adalah bentuk dari tindakan buruk dari manusia terhadap alam yang akhirnya merugikan manusia sendiri, kebiasaan manusia yang mengeksploitasi alam akhirnya menimbulkan tidak berfungsinya alam sebagai mestinya, perusakan hutan, pengurangan daerah resapan dan juga pengotoran dengan membuang sampah sembarangan mengakibatkan air hujan tidak dapat lagi dibendung, begitu hujan deras datang maka keseluruhan airnya meluap pada tempat hidup lingkungan manusia. manusia juga yang mendapatkan akibat buruk dari perilaku buruknya kepada alam.

banjir hanyalah salah satu contoh saja, dan masih banyak contoh lain yang dapat diambil menjadi pelajaran bagi manusia dalam berinteraksi dengan alam. keserakahan manusia adalah bentuk dari upaya bunuh diri yang dilakukan oleh manusia terhadap dirinya sendiri, dikarenakan dalam memuaskan keserakahannya manusi melupakan hak alam dan terus saja melakukan kerusakan terhadapnya.sehingga pada akhirnya alam membalas semua perbuatan manusia dalam bentuk bencana dan ketidak bersahabatan alam.manusia yang kini hidup didalam masayarakat modern tidak lagi mengenal alam sebagai mitra dalam kehidupan, tetapi lebih mengenalnya sebagai budak yang dapat diperintah apa saja, mereka lupa kalau hewan dan tumbuhan juga merupakan makhluk hidup yang bernafas, mereka lupa kalau tumbuhan dan hewan terhubung dalam suatu mata rantai kehidupan, sehingga jika salah satu ada yang mengalami perubahan maka menimbulkan dampak terhadap yang lainnya.

dengan demikian maka keselarasan antara manusia dengan alam haruslah tercipta, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan, sikap saling menghormati alam haruslah tumbuh dalam diri setiap individu dikarenakan manusia bukanlah makhluk yang mampu bertahan hidup tanpa alam disekitarnya. kehidupan manusia untuk kehidupan adlah sebuah jalan dimana manusia membantu proses pertumbuhan alam bebas dan melestarikan semua dengan hati yang ikhlas, sehingga manusia terbebas dari belenggu keserakahan akan mengeksploitasi alam yang pada akhirnya akan merugikan umat manusia sendiri seperti yang terjadi pada masa sekarang ini.

No comments:

everyone is the chosen one