Wednesday, November 18, 2009

Makna Pejuang


Setiap orang bebas mengartikan apa yang mereka ingin artikan, setiap orang memiliki pandangannya sendiri sesuai dengan apa yang ia pelajari, rasakan dan alami. Berjuang adalah melakukan sesuatu demi mencapai suatu tujuan, dan tujuan semua orang dalam kehidupan yang sementara ini adalah berbeda-beda, dan ada juga yang tidak memiliki tujuan sama sekali. Namun bagi mereka yang memilikinya, tujuan merupakan sesuatu yang sangat diharapkan, namun bagi para pejuang tujuan merupakan harapan. Dimana saat berjuang mereka memiliki kepercayaan mereka sendiri terhadap suatu hal, entah itu masuk akal bagi orang lain ataupun sangat tidak masuk akal bagi orang lain. namun didalam diri setiap pejuang selalu ada yang namanya kepercayaan, keyakinan yang akan selalu dipertahankan sampai titik darah penghabisan.

Makna dari pejuangan adalah melakukan segala sesuatu untuk mempertahankan prinsip dan mencapai tujuan, mati dengan gagah ketika menggenggam erat kepercayaan yang dimiliki adalah sebuah kehormatan bagi setiap pejuang. Kematian dan rasa sakit bukanlah halangan karena apa yang sebenarnya dipercayai adalah keyakinan kuat dalam hati yang tidak mudah diombang-ambing oleh keadaan. Tujuan merupakan harapan, karena dengannya akan jelas jalan mana yang akan dituju, walau itu jurang sekalipun, walau itu laut sekalipun, atau mungkin api sekalipun. Namun dengan keyakinan dan tekad yang bulat semua menjadi terasa manis dan mudah.

Yakin adalah keharusan bagi setiap pejuang, terlepas dari itu salah atau benar, tidak pernah perduli dengan apa yang ditentang oleh orang lain, setiap rintangan hanya akan membuatnya semakin kuat jika berhasil dipatahkan. Kematian yang dialami terkadang berada dalam keadaan yang bersemangat, namun bukan mati dalam keadaan hina karena berkhianat terhadap diri sendiri, keyakinan sendiri dan kemauan sendiri. mati dalam keadaan terpuji, bukan terhina jika yang dipertahankan adalah kepercayaan dan keyakinan. Tidak akan bisa dibutakan oleh apapun, mengorbankan segalanya mulai dari harta, jiwa serta orang-orang yang dicintai. Hanya dengan berbekal kehendak melakukan apa yang dipercaya dan diyakini secara pasti.

Mentalitas seorang pejuang tidaklah mudah didapat, melainkan hal itu adalah suatu berkah yang datang dari langit, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang lemah. Namun juga bukan otak dan hati yang menjadi penopang keyakinan para pejuang melainkan roh yang ada pada diri, yang sudah menyatu dengan kesemuanya dan mengambil alih segala sisi tubuh. Membakar, menyalakan semuanya, membawa pada titik tertinggi dari kemanusiaan itu sendiri. perjuangan tanpa henti, maju dengan tenang, tak kenal lagi takut, ataupun keberanian melainkan keyakinan, hanya yakin-yakin dan yakin saja yang dimiliki. Percaya, entah apapun tentang yang ada didalamnya. Mentalitas dimana siksaan sekalipun tidak akan menyurutkan tujuan, semua telah dilampaui hingga rasa yang paling pedih sekalipun.

Pejuang adalah mereka yang benar, karena mereka berani mempertahankannya dengan sekuat tenaga, mengikuti apa kata hati, tidak terjebak dalam pemikiran busuk yang penuh tipu daya, melainkan mereka yang berjuang dengan hati nurani. Mendengarkan bisikkan-bisikkan hati menuntun mereka kepada tujuan yang paling mulia. walau terkadang bertemu dengan mereka yang menentang apa yang kita perjuangkan dan juga menentang apa yang kita pertahankan, mencoba untuk meruntuhkan, mencoba untuk menghancurkan, dan itu sudah biasa terjadi dalam sesuatu bentuk perjuangan. dianggap remeh dan dianggap yang tidak-tidak bukan hanya oleh mereka yang tidak mengerti tentang diri kita melainkan dari mereka yang dicintai. tidak takutnya diri ini dalam kehilangan segala macam hal yang kita sukai sebelumnya entah itu dalam bentuk barang atau bahkan orang-orang yang kita cintai. pengorbanan dengan seluruh jiwa dan raga demi satu tujuan.

No comments:

everyone is the chosen one